Tips dan Trik Menanam Cabe di Halaman Rumah atau di Polybag

ShareKan Tips - Sudah pada taukan kalau saat ini harga cabe cukup tinggi,dan sudah taukan kalau kita disuruh menanam sendiri di rumah,nah enak kalau ada yang memiliki tanah lebih di rumah,sudah pasti bisa menanam Cabe memakai Pot atau Polybag,oke kita coba lihat Tips dan Trik Menanam Cabe di Halaman Rumah atau di Ploybag.


Tips dan Trik Menanam Cabe di Halaman Rumah atau di Polybag

Klasifikasi Cabe Rawit

  • Kerajaan : Plantae
  • Ordo : Solanales
  • Famili : Solanaceae
  • Genus : Capsicum
  • Spesies : Capsicum Frutescens

Tanaman cabe sekarang menjadi komoditas dengan nilai ekonomis yang tinggi.coba kita lihat harga cabe saat ini 2017 sudah mencapai Rp.120.000,-per kilogram,harga yang setara dengan harga perkilogram daging sapi ,dan kita dianjurkan untuk menanam cabe rawit sendiri di rumah.

Coba kita lihat ulasan berikut Tip dan Trik Menanam Cabe Rawit di Halaman Rumah atau di Polybag :

1. Seleksi Biji
  • Biji cabe rawit di rendam dalam air ( sebaiknya air hangat ) selama kurang lebih 30 sampai 60 menit.

2. Penyemaian Biji
  • Biji yang sudah kita seleksi akan disemai untukmendapatkan bibit cabe rawit, penyemaian dapat dilakukan dengan berbagai wadah semai seperti baki/tray,polybag mini,gelas plastik bekas.
  • Media semai berupa tanah bagian atas ( top soil ) yang terdiri dari campuran lempung dan pasir pupuk kandang yang telah matang atau pupuk kompos,dan yang terpenting adalah dengan menghaluskan pupuk tersebut dengan cara diayak.
  • Tanah top soil dicampur dengan kompos dengan perbandingan 1:1.tanah top soil adalah tanah bagian atas yang merupakan campuran tanah lempung dan pasir,pupuk kompos harus dihaluskan terlebih dahulu agar akar biji yang masih lembut dapat menembus media tanah dan menyerap unsur hara.

3. Selanjutnay tahap proses penyemaian dan ada beberapa pilihan antara lain sebagai berikut :
  • Semai dalam Baki / Tray : Media campuran tanah dimasukan dalam tray ( 3/4 bagian tray )kemudian padatkan dan jangan terlalu padat,buat lubang-lubang di tray dengan jarak masing-masing 7-8 cm.
  • Semai Dalam Polybag / Gelas plastik : Media tanam,tanah dicampur dengan arang sekam ( rasio 1:1 ) hingga 3/4 polybag/gelas,buat lubang ditengah polybag atau gelas.

Tips dan Trik Menanam Cabe di Halaman Rumah atau di Polybag

  • Buat lubang di tanah dnengan kedalaman 25-30 cm dengan diameter lubang dengan ukuran yang sama,lalu masukan media tanam ( komposisi sama dengan media semai ) 1/3 bagian lubang,padatkan secukupnya,pindahkan cabe rawit dari wadah semai,perhatikan akar cabe rawit,jangan sampai ada akar yang terlepas.letakan bibit cabe rawit nya ditengah-tengah lubang lalu tutup ( akar ) dengan seluruh media tanam ( tanah ditekan-tekan agar cukup padat )hingga pangkal batang dan menyerupai gundukan,posisi akar ditata sedemikian rupa agar menyebar,Siram bagian tanah dengan air hingga sangat basah.

Sudah dulu,kalau masalah nanam cabe ngak usah ribet-ribet deh,asala cabe jauh-jauh aja dari Ayam sama Tikus,jadi tanaman Cabe harus extra dijaga bila perlu di pager...

0 Response to "Tips dan Trik Menanam Cabe di Halaman Rumah atau di Polybag"

Post a Comment